Tips Lakukan Perbaikan AC di Rumah Sendiri

Memiliki alat elektronik AC di rumah memang membuat rumah menjadi lebih nyaman untuk ditinggali. Namun Anda juga harus siap untuk bisa melakukan perbaikan AC secara mandiri di rumah agar supaya tak bolak balik memanggil jasa service AC untuk mengatasi kerusakan AC yang terjadi di rumah Anda. Permasalahannya adalah apakah aman untuk melakukan perbaikan alat elektronik AC sendiri di rumah secara mandiri?

Tips Lakukan Perbaikan AC Secara Mandiri Di Rumah

Jika Anda memang memiliki hobi untuk utak atik alat elektronik maka pastinya melakukan perawatan dan pembersihan AC secara mandiri di rumah tidaklah menjadi masalah untuk Anda. Anda hanya perlu melihat buku panduan AC yang pastinya memiliki penjelasan dan instruksi tersendiri yang bisa Anda ikuti untuk melakukan perawatan AC di rumah secara mandiri.

Lalu bagaimana untuk melakukan perbaikan AC secara mandiri di rumah? Apakah hal itu bisa dilakukan dengan aman? Tentu saja bisa asalkan Anda tahu bagian AC dan apa yang harus dilakukan dengan permasalahan yang harus dihadapi. Sudah ada banyak tutorial perbaikan untuk AC yang ada di internet yang bisa Anda manfaatkan.

1 Lakukan pembersihan AC

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan pembersihan AC secara mandiri. Caranya adalah dengan melepas kabel AC dari stop kontak untuk menghindari terjadinya korsleting atau resiko terkena setrum listrik. Kemudian bersihkan bagian filter yang biasanya terlihat banyak debu menumpuk disana. Bersihkan dengan menggunakan lap bersih dan basah agar supaya debu tak beterbangan kembali di sekitar tempat membersihkan AC.

  1. Cek kondisi kipas

Hal yang kedua adalah dengan memeriksa AC secara keseluruhan. Buka beberapa bagian yang sekiranya diperlukan untuk membersihkan dan melakukan perawatan AC. Lihat apakah ada kabel atau kompresor yang putus atau terbakar. Cek apakah kompresor bekerja dengan baik dan cek kabel serta soket listrik bagian luar. Beberapa kondisi tersebut bisa membuat AC terlihat tak berjalan dengan semestinya seperti misalnya tak dingin atau melakukan pendinginan terlalu lama.

  1. Cek remote control apakah sudah berada dalam mode cool atau auto.

Biasanya pemilik AC terburu-buru menyimpulkan adanya kerusakan pada AC hanya gara-gara AC tak kunjung dingin setelah dinyalakan. Hal yang umum terjadi adalah dimana ternyata remote AC tak berada di mode cool atau auto. Kondisi tersebut membuat AC tak mampu mendinginkan ruangan karena memang tak diatur untuk kondisi tersebut.

Itulah beberapa tips yang harus Anda lakukan saat akan melakukan perbaikan AC. Usahakan untuk melakukan pembersihan dan perbaikan secara mandiri terlebih dahulu. Baru setelah Anda sudah mengusahakan untuk melihat dan mengecek semua bagian tapi tetap belum berhasil juga barulah Anda memanggil jasa service yang Anda percaya.

Kenali Beberapa Penyebab Yang Membuat Ac Rusak

Agar supaya Anda bisa melakukan perbaikan pada AC dengan langkah yang terbaik maka Anda harus bisa mengenali kerusakan yang terjadi pada AC. Penyebab AC rusak yang pertama adalah karena terjadinya kebocoran freon yang terjadi akibat pipa yang berfungsi untuk mengalirkan udara dingin tersumbat debu atau kotoran. Kemudian kerusakan yang kedua adalah karena kapasitor atau kondensator bermasalah.

Kondensator memiliki tugas untuk menyimpan energi dan menjadi tempat untuk melepaskan panas pada AC. Dan yang selanjutnya adalah karena kompresor yang aus dan berkarat yang umumnya terjadi pada AC yang sudah melalui masa pemakaian hingga 5 tahun. Itulah beberapa tips untuk melakukan perbaikan AC secara mandiri di rumah. Semoga bermanfaat.

Share Button